.:: ASSALAMUALAIKUM.:: AHLAN WASAHLAN DI BLOG INI. Ya! ANDA AKAN BELAJAR BARENG M Hasbi :. Belajar About Dunia Islam, Belajar About Dunia Pemikiran, Belajar About Dunia Tutorial, Belajar About Tips Dan Trick Aneh, Belajar Design Website, Belajar Dunia Shell-ing, Belajar Mencari Hikmah Dan Lain Sebagainya. Sooo ikuti terus perkembanganya. Anda juga bisa mendiskusikan permasalahan apapun tentang Agama Islam bersama saya. Ketik saja di ShoutBox.::. Akhirnya TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA, SELAMAT MENIKMATI SEMOGA BERKENAN .::.

Saturday, January 19, 2008

Syarah Tsalatsatul Ushul

Syarah Tsalatsatul Ushul

Judul Asli : Syarh Tsalasatil Ushul
Penulis : Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab
Pensyarah :Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin
Penerbit : Al-Qowam, Solo


Halaman pertama dari buku tersebut diawali dengan tulisan tentang biografi penulis Kitabut Tauhid yaitu Al-Imam Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab, beliau adalah ulama besar yang dilahirkan di negeri Al 'Uyainah pada tahun 1115 H, dalam rumah yang penuh ilmu, kemulyaan dan agama. Sebelum usia sepuluh tahun beliau sudah hafal Al-Qur'an, lalu mempelajari ilmu fikih sampai mendalam, dan beliau banyak membaca kitab-kitab tafsir dan hadits dan selalu terlihat menuntut ilmu, baik di siang atau malam hari.

Diantara guru beliau adalah Al-Allamah As Syaikh Abdullah bin Ibrahim Asy Syamiri, Syaikh Abdullah bin Ibrahim dan seorang ahli hadits tersohor yaitu Muhammad Hayat As-Sindy, beliau banyak memiliki karya-karya yang bermanfa'at. Dan Rahimahullah meninggal pada tahun 1206 H.

Sedangkan pensyarah Kitabut Tauhid ini adalah Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin, yang dilahirkan di kota 'Unaizah pada tanggal 27 Ramadhan 1347 H, beliau belajar Al-Qur'an kepada kakek dari pihak ibunya, yaitu Abdurrahman bin Sulaiman Al-Damigh Rahimahullah sampai hafal, kemudian kepada Syaikh Abdurrahman bin Nashir As Sa'dy yang dikategorikan sebagai Syaikh-nya yang utama beliau belajar kitab Tauhid, Tafsir, Hadits, Fiqih, Ushul Fiqih, Fara'idh, Musthalahul hadits, Nahwu dan Sharaf, disamping itu juga beliau belajar kepada Syaikh Abdul Aziz bin Baz Rahimahullah yang merupakan guru kedua beliau setelah Syaikh As Sa'dy. Beliau Hafizhahullah banyak memiliki karangan salah satu diantaranya kitab ini. Dan sekarang ini beliau menjadi anggota Hai'atu Kibaril Ulama Saudi Arabia.

Dengan memperhatikan penulis dan pensyarahnya, dan latar belakang keilmuan kedua ulama tersebut, maka tak pelak lagi buku ini merupakan kitab yang agung dan sangat berfaedah, dan dari sini juga, kita dapat mengambil suatu contoh dan pelajaran yang sangat besar sekali, yaitu ; walau terjadi perbedaan kurun waktu diantara ulama-ulama Ahlus Sunnah, tetapi dari generasi terdahulu sampai generasi sekarang diantara mereka para Ulama Salaf tidak ada perbedaan dalam memahami agama Islam ini, malahan mereka saling menjelaskan satu dengan yang lainnya. Dan dalam perkataannya, mereka selalu mendahulukan telah berfirman Allah Azza wa Jalla dan telah bersabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, sehingga perkataan dan ilmu mereka dipenuhi dengan faedah dan manfaat yang amat luas serta banyak, karena dilandasi firman Allah dan sabda Rasulullah.

Sesuai dengan judulnya buku ini menjelaskan tentang Tiga Landasan Utama dan Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin menjelaskannya untuk kita dengan bahasa yang sistimatis, ringkas dan lugas, sehingga anda-pun insya Allah bisa lebih cepat untuk memahaminya, seperti masalah-masalah ; Makna Ibadah, Pengertian Rabb beserta Dalilnya, Tafsir Tauhid, Rukun Iman, Penjelasan tentang Hijrah, Dakwah setiap Rasul adalah Ibadah kepada Allah dan Larangan Syirik, Syarat Tinggal di Negeri Kafir, dan lain-lain permasalahan yang berhubungan dengan tiga landasan utama, yaitu : Siapa Tuhanmu.? Apa Agamamu ? dan Siapa Nabimu ?.

Dengan ulasan singkat ini dan kekaguman terhadap buku tersebut, maka sangat wajarlah apabila aku menyarankan temen-temen semua untuk memiliki buku tersebut, dan ajaklah keluarga atau temen yang lain untuk membacanya, dengan demikian, insya Allah andapun sudah termasuk orang yang meyebarkan dakwah.

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com