.:: ASSALAMUALAIKUM.:: AHLAN WASAHLAN DI BLOG INI. Ya! ANDA AKAN BELAJAR BARENG M Hasbi :. Belajar About Dunia Islam, Belajar About Dunia Pemikiran, Belajar About Dunia Tutorial, Belajar About Tips Dan Trick Aneh, Belajar Design Website, Belajar Dunia Shell-ing, Belajar Mencari Hikmah Dan Lain Sebagainya. Sooo ikuti terus perkembanganya. Anda juga bisa mendiskusikan permasalahan apapun tentang Agama Islam bersama saya. Ketik saja di ShoutBox.::. Akhirnya TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA, SELAMAT MENIKMATI SEMOGA BERKENAN .::.

Tuesday, February 5, 2008

Krisis Keuangan Global, Tak Pengaruhi Industri Keuangan Berbasis Syariah

Krisis Keuangan Global, Tak Pengaruhi Industri Keuangan Berbasis Syariah

Selasa, 5 Peb 08 12:12 WIB

Bank-bank berbasis syariah terbukti mampu bertahan dari terpaan krisis yang melanda pasar global belakangan ini. Sementara bank-bank konvensional mengalami penurunan pendapatan, bank-bank berbasis syariah malah meraih sukses.

Menurut Duncan Smith, pejabat senior Arab Banking Corporation, trend bisnis perbankan berbasis syariah mencatat keberhasilan yang fantastik pada tahun ini. Strategi dengan memfokuskan diri pada bisnis dalam lingkup regional dan penawaran produk-produk yang sesuai dengan syariah, membuat bank-bank Islam itu terhindar dari kerugian akibat kredit macet.

Dalam pertemuan tingkat tinggi Islamic Finance di Manama, ibukota Bahrain, terungkap bahwa pendapatan bank-bank konvensional mengalami penurunan dari 202 juta dollar pada tahun 2006 menjadi 125 juta dollar pada tahun 2007. Krisis yang dialami Amerika akibat kredit macet sejak tahun lalu, memicu efek domino terhadap perekonomian dan pasar modal di negara itu.

Secara global, bank-bank konvensional mengalami kerugian lebih dari 80 juta dollar akibat tersendat-sendatnya pembayaran kredit sejak bulan Oktober. Namun menurut wakil menteri keuangan Malaysia, Muhammad Nor Yakcop, bank-bank Islam di Malaysia tidak mengalami kendala semacam itu, terutama para pemilik obligasi Sukuk, mereka terlindung dari dampak terburuk krisis keuangan yang terjadi saat ini.

Sejumlah ekonom mengatakan babak belurnya bidang perkreditan justru membawa keuntungan bagi produk-produk keuangan berbasis syariah. "Struktur pembiayaan berbasis syariah, membuat orang merasa tertarik dengan pembiayaan berbasis Islam, " kata Nor Yakcop. Dan produk berbasis syariah yang sedang populer saat ini, menurutnya, adalah Sukuk.

Sementara itu, Gubernur Bank Sentral Bahrain, Rasheed al-Maraj meyakini, krisis keuangan konvensional di Barat yang terjadi saat ini akan mendorong para investor untuk mengalihkan investasinya ke bank-bank berbasis syariah. "Perbankan syariah akan lebih aman buat mereka, " tukas al-Maraj.

Saat ini sejumlah bank-bank papan atas dan bertaraf internasional, seperti Citigroup asal AS, HSBC asal Inggris, Deutsche Bank asal Jerman, sudah memiliki cabang-cabang yang menawarkan produk-produk keuangan berbasis syariah.

Seorang eksekutif Deutsche Bank pada Reuters mengungkapkan, pihaknya sedang membantu beberapa perusahaan di AS dan Kanada untuk menjual surat-surat obligasi syariahnya di Malaysia pada tahun ini, dengan nilai antara 300-500 juta dollar.

Malaysia memang sedang mempromosikan diri sebagai pusat keuangan Islam, dengan pesaing-pesaing negara tetangganya yaitu Brunei dan Singapura.

Industri perbankan syariah yang mulai dikembangkan sejak tiga dekade yang lalu, kini terus berkembang pesat dan berhasil menarik minat para investor dan bankir di seluruh dunia. Sekarang, diperkirakan ada 300 bank Islam dan lembaga keuangan Islam yang tersebar di pelosok dunia. Asset mereka pada tahun 2010 nanti diprediksi mampu mencapai 1 triliun dollar. (ln/iol)

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com